Minggu, 10 Januari 2016

Kiamboy, jajanan unik dari china

Bagi para penikmat manisan buah kering tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kiamboy. Konon kabarnya manisan Kiamboy ini berasal dari buah plum yang dikeringkan. 

Prem (bahasa Inggris: plum) bisa merujuk pada pohon dan buah yang memiliki nama yang sama. Prem merupakan bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Subgenus ini dibedakan dengan subgenera yang lain (didalamnya termasuk persik, ceri, dan yang lainnya) karena memiliki kuntum terminal dan kuntum-kuntum sampingannya berdiri sendiri, tidak terkumpul dalam satu bagian, bebungaannya berkelompok 1-5 bersama-sama dalam satu cabang pendek.

Buah plum bermacam-macam warnanya, ada jenis buah plum merah, buah plum yang berwarna ungu, ada yang berwarna hijau, hitam, dan kuning. Biji buah plum sangat keras. Makanya, buah itu disebut stone fruit. Bijinya sangat keras sekali seperti batu, Daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan, dan ketika digigit rasanya seperti jambu, banyak menggandung air dan tidak terlalu manis.Mungkin tekstur dagingnya seperti sawo.

Pas dibelah


Di pasaran kita mengenal tiga jenis rasa untuk manisan kiamboy ini yaitu:

1. Kiamboy berwarna putih, rasanya manis, sedikit asam dan tidak terlalu asin
















2. Kiamboy yang merah rasa sedikit lebih asin dan asam
Bagi pecinta rasa asin dan asam pasti suka.. Rasanya GGggrrrrr pokoknya 


dan, 
3. Kiamboy yang berwarna abu abu kehitaman
mirip buah plum yang dikeringkan dan tanpa biji dan rasanya manis.
 

Olala Template by Ipietoon Cute Blog Design